PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) BERBASIS MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS SISWA, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN

Main Author: SRI NOVAYANTI
Format:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=49745
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas siswa dan pengaruh penerapan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbasis media video terhadap motivasi, dan hasil belajar pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri Kabupaten Bireuen. Pengumpulan data dilakukan pada 07 Februari s/d 03 Maret 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest posttest control design. Penelitian ini dilaksanakan di tiga sekolah yaitu SMA Negeri 1 Bireuen, SMA Negeri 2 peusangan, dan SMA Negeri 3 Bireuen, dengan sampel penelitian berjumlah 160 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, dan angket motivasi. Untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar, dan hasil belajar siswa dilakukan dengan uji beda dua rata-rata, dengan uji-t independent simple t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas siswa sebanyak 86,85 kelas eksperimen dengan kategori sangat tinggi, pada kelas kontrol 63,69 dengan kategori tinggi. Uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu motivasi belajar 3,26 > 1,65 dan hasil belajar siswa 6,21 > 1,65. Simpulan model pembelajaran Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbasis media video memiliki perbedaan aktivitas siswa, berpengaruh dalam meningkatkan motivasi, dan hasil belajar pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri Kabupaten Bireuen.Kata Kunci: AIR, Media Video, Aktivitas Siswa, Motivasi, Hasil Belajar Siswa, Sistem Ekskresi.