HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAN PROFESIONAL PERAWAT DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2012
Main Author: | heldizal |
---|---|
Format: | Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Kedokteran
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=497 |
Daftar Isi:
- KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANUNIVERSITAS SYIAH KUALAFAKULTAS KEDOKTERANPROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATANSKRIPSI4 APRIL 2012xiii + vi + 68 halaman + 14 tabel + 1 skema + 13 lampiranHELDIZAL0707101060032HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAN PROFESIONAL PERAWAT DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2012ABSTRAKPengetahuan peran profesional perawat yang mencakup sebagai pemberi pelayanan kesehatan (care giver), pendidik (educator), pengelola dan peneliti diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa baik secara internal dan eksternal yang sedang menjalani proses pendidikan untuk perubahan tingkah laku. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi hubungan pengetahuan peran profesional perawat dengan motivasi belajar mahasiswa Reguler dan Non Reguler A PSIK FK Unsyiah Banda Aceh 2012. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Korelasi dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Dengan menggunakan rumus Slovin didapatkan jumlah sampel sebanyak 91 responden melalui teknik undian (lottery technique) untuk menentukan sampel setiap angkatan. Pengumpulan data dilaksanakan pada tanggal 13-16 Januari 2012 dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk soal Multiple choice dan skala Likert. Analisa data dilakukan secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian Peran profesional perawat dengan motivasi belajar memiliki hubungan yang bermakna ini ditunjukan dengan P-value (0,010) hal ini diperkuat dengan hasil pada setiap sub variabel. Peran profesional sebagai pemberi pelayanan kesehatan dengan motivasi belajar didapatkan P-value (0,010). Sebagai pengelola didapatkan P-value (0,004) dan sebagai pendidik didapatkan P-value (0,017) hasil ketiga sub variabel tersebut menunjukkan adanya hubungan yang bermakna. Lalu pada sub variabel sebagai peneliti didapatkan P-value (0,209) yang berarti tidak memiliki hubungan yang berarti. Rekomendasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengajar agar lebih memfokuskan pengetahuan mahasiswa tentang peran perawat sebagai peneliti dengan cara mengikut sertakan mahasiswa dalam setiap penelitian dan mengadakan pelatihan-pelatihan tentang penelitian agar pengetahuan mahasiswa dibidang penelitian semakin baik.Kata kunci: Peran Profesional Perawat, Motivasi Belajar, PengetahuanDaftar bacaan: 32 Buku (1996-2010), 15 situs internet
- Banda Aceh