PERANAN PUSTAKAWAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS IV SD NEGERI 56 BANDA ACEH

Main Author: Nurfadhillah
Format:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=47141
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nurfadhillah. 2017. Peranan Pustakawan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas IV di SD Negeri 56 Banda Aceh. Skripsi, JurusanPendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. M. Yamin, M. Ed., (2) Drs. Bukhari, M.Pd Kata Kunci: Peranan pustakawan sekolah, meningkatkan minat membaca Dalam konteks minat membaca siswa, salah satu peranan pustakawan sekolahadalah memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih giat dalam membaca.Penelitian ini berupaya mengungkapkan bagaimana peranan pustakawan sekolahdalam meningkatkan minat membaca siswa kelas IV melalui perpustakaan SDNegeri 56 Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan mengetahui perananpustakawan sekolah dalam meningkatkan minat membaca siswa kelas IV melaluiperpustakaan sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif denganjenis penelitian yaitu deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknikobservasi dan wawancara. Teknik observasi dilakukan kepada siswa untuk melihatperanan pustakawan dalam meningkatkan minat membaca siswa di kelas IV yangberjumlah 30 orang siswa dan teknik wawancara dilakukan kepada siswa kelas IVdan 1 orang pustakawan sekolah yang dipilih secara purposive sampling. Selanjutnyaseluruh data diolah dengan tahapan analisis data kualitatif yaitu reduksi data,penyajian data, penarikan kesimpulan dan persentase. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa pustakawan telah melakukan upaya-upaya dalam meningkatkan minat membacasiswa sehingga minat membaca siswa kelas IV di perpustakaan SD Negeri 56Banda Aceh dapat dikategorikan baik. Hal ini dapat dilihat dari keseluruhan hasilwawancara dan observasi yang menunjukkan 66% siswa yang berminat membacabuku di perpustakaan sekolah dan 34% siswa yang tidak berminat membaca buku diperpustakaan sekolah. Simpulan penelitian ini adalah peranan pustakawan sekolah dalammeningkatkan minat membaca siswa di SD Negeri 56 Banda Aceh sudah maksimaldengan melakukan upaya-upaya yang membuat siswa termotivasi untuk membacabuku. Disamping itu siswa kelas IV di SD Negeri 56 Banda Aceh termasuk kategoribaik yaitu berminat membaca buku di perpustakaan sekolah.