PENGARUH MEDIA REKLAME TERHADAP ESTETIKA VISUAL KOTA STUDI KASUS JALAN T. PANGLIMA POLEM PEUNAYONG, BANDA ACEH
Main Author: | Nurrahman Wiyanto |
---|---|
Format: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=43069 |
Daftar Isi:
- PENGARUH MEDIA REKLAME TERHADAP ESTETIKAVISUAL KOTA. STUDI KASUS JALAN T. PANGLIMA POLEM PEUNAYONG,BANDA ACEH Nama : Nurrahman Wiyanto NIM : 1404104010040 ABSTRAKReklame merupakan salah satu elemen perancangan kota yang memiliki fungsi sebagai media penyampaian informasi dan promosi kepada masyarakat. Reklamesebagai elemen fisik perkotaan tentunya memiliki pengaruh terhadap tampilanvisual perkotaan, seperti yang ada di Banda Aceh. Kehadiran reklame pada areaareakomersialsepertikoridorjalanT.PanglimaPolem,Peunayongmembuatareainimemiliki tampilan visual yang berbeda dari area-area lainnya. Namun timbulpertanyaan apakah reklame pada koridor tersebut memiliki pengaruh visual yangbaik atau malah memiliki pengaruh visual yang buruk. Penelitian ini berusahamelihat pengaruh reklame pada koridor jalan T. Panglima Polem, Peunayong darisegi estetika visual kota, sehingga diharapkan dapat merumuskan kebijakankebijakanterkaitpenyelenggaraanreklameyanglebihbaikagarterciptanyawajahkotayangsecaravisualmemilikinilai-nilaiestetika.Kata Kunci: Reklame, estetika, visual, kota