PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMA NEGERI 1 KLUET SELATAN KABUPATEN ACEH SELATAN

Main Author: Yusnani
Format: Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=4246
Daftar Isi:
  • Kata Kunci : Model pembelajaran, kooperatife STAD, dan ketuntasan belajar Penelitian ini bertujuan mengetahui ketuntasan belajar siswa mengenai konsep sistem peredaran darah pada manusia dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan pada tanggal 01 sampai dengan tanggal 31 Desember 2012. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes yang berbentuk chose. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan memberikan soal pre-test dan soal post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, siswa telah mencapai ketuntasan individual namun belum bisa mencapai ketutasan klasikal. Setelah diterapkan, hasil belajar siswa pada konsep sistem peredaran darah pada manusia mencapai ketuntasan individual tertinggi yaitu 23 orang dan ketuntasan klasikal 92%. Dengan demikian, ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat mencapai standar ketuntasan belajar yang telah ditetapkan di SMA Negeri 1 Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan. Disarankan penelitian yang berhubungan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dilanjutkan oleh peneliti lain, sehingga dapat diketahui hal-hal yang belum terungkap untuk mencapai tingkat ketuntasan belajar siswa.
  • Banda Aceh