UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI TINDAKAN EKONOMI DI KELAS RNVII SMP NEGERI 1 PEUKAN PIDIE RNKABUPATEN PIDIE

Main Author: Ummi Habibah
Format: Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=4219
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Tindakan Ekonomi.Penelitian ini berjudul upaya peningkatan hasil belajar siswa melalui Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi tindakan ekonomi di kelas VII SMP Negeri 1 Peukan Pidie Kabupaten Pidie. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi tindakan ekonomi di kelas VII-3 SMP Negeri 1 Peukan Pidie Kabupaten Pidie, 2) Hasil belajar siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Peukan Pidie pada materi tindakan ekonomi setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, 3) Respon siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Peukan Pidie Kabupaten Pidie terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi tindakan ekonomi. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Peukan Pidie sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan mengadakan observasi terhadap kemampuan guru dan aktivitas siswa, pemberian tes hasil belajar dan pembagian angket. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu berupa (1) lembar observasi, (2) lembar tes hasil belajar, dan(3) lembar angket respon siswa. Adapun teknik pengolahan data menggunakan analisis deskriptif (persentase). Tahapan pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) meliputi perencanaan, pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 65, maka siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 65 pada siklus I berjumlah 17 siswa dari 30 siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 56,7% dengan nilai rata-rata 66,3, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 65 berjumlah 25 siswa dari 30 siswa dengan persentase 83,3%, dengan persentase keberhasilan klasikal sebesar 80%. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi khususnya materi tindakan ekonomi dikelas VII-3 SMP Negeri 1 Peukan Pidie Kabupaten Pidie.
  • Banda Aceh