PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KARTU ARISAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMAN 1 SEULIMUM

Main Author: Zurriati
Format:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=40933
Daftar Isi:
  • ABSTRAKZurriati : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu ArisanTerhadap Prestasi Belajar Mata pelajaran Sejarah Siswa Kelas XISMAN 1 Seulimuem.Pembimbing I Pembimbing IIDrs. Zainal Abidin, A. W. M. Si Nurasiah, S. Pd., M. PdKata Kunci : Pengaruh, Pembelajaran koopeatif, Kartu ArisanPembelajaran yang tidak menyenangkan membuat siswa tidak semangatbelajar, model pembelajaran tipe kartu arisan merupakan salah satu modelpembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rumusan masalahdalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengaruh penerapan model pembelajarankooperatif tipe kartu arisan terhadap prestasi belajar mata pelajaran sejarah siswakelas XI SMAN 1 Seulimuem. 2) apakah kendala-kendala yang dihadapi guru dalampelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan di kelas XI SMAN 1Seulimuem. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruhpenerapan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan terhadap prestasi belajarmata pelajaran sejarah siswa kelas XI SMAN 1 Seulimuem. 2) Untuk mengetahuikendala-kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan model pembelajarankooperatif tipe kartu arisan di kelas XI SMAN 1 Seulimuem. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Seulimuem dengan jumlahsiswa keseluruhan 186 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah siswakelas XI iS 1 sebagai kelas control dan XI iS 3 sebagai kelas eksperimen. Teknikpengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Hipotesis diujimenggunakan rumus Uji-t. Berdasarkan hasil pengolahan diperoleh thitung = 0,872 danttabel = 2,089. Jadi, thitung = 0,872> ttabel = 2,089, maka H0 tolak dan Ha diterima. Dapatdisimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran tipe kartu arisan dapatmeningkatkan prestasi belajar mata pelajaran sejarah siswa kelas XI SMAN 1Seulimum, dan juga tidak terdapat kendala yang berarti selama penerapan modelpembelajaran tipe kartu arisan pada siswa kelas XI SMAN 1 Seulimuem.