KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS VIII-2 RNSMP NEGERI 2 SAMADUA ACEH SELATAN
Main Author: | Maryulis |
---|---|
Format: | Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=4046 |
Daftar Isi:
- Penelitian tentang Ketuntasan Hasil Belajar Siswa pada Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Samadua Aceh Selatan telah dilakukan sejak tanggal 5 sampai 12 Desember 2012. Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia di kelas VIII-2 SMPN 2 Samadua Aceh Selatan, (2) Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran biologi dengan menggunakan tipe jigsaw di kelas VIII-2 SMPN 2 Samadua Aceh Selatan. Subjek penelitian siswa kelas VIII-2 sebanyak 25 orang.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus.Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Metode pengolahandata untuk hasil tes siswa dilakukan dengan mencari ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal, sedangkan untuk hasil observasi dianalisis dengan rumus pesentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelahditerapkan tipe jigsaw pada pelajaran biologi materi sistem pencernaan makanan pada manusia, yaitu ketuntasan belajar siswa pada siklus pertama sebanyak 68% dengan nilai rata-rata sebanyak 62.96. Sedangkan pada siklus kedua ketuntasan siswa mencapai 84% dengan nilai rata-rata sebanyak 66,56, (2) Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus pertama dalam kegiatan inti dikategorikan cukup dan secara keseuruhan dikategorikan baik, aktivitas siswa pada siklus pertama cukup. Aktivitas guru pada siklus kedua secara keseluruhan dikategorikan sangat baik, dan aktivitas siswa pada siklus kedua secara keseluruhan dikategorikan baik.
- Banda Aceh