PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN SNOWBALL THROWING PADA KELAS X SMAN 5 BANDA ACEH
Main Author: | Silvia Ria Merisca |
---|---|
Format: | Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=38861 |
Daftar Isi:
- Siswa cenderung merasa sulit dan jenuh ketika mempelajari Fisika. Untuk menghindari hal tersebut, digunakanlah model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dikelas sehingga siswa tidak merasa jenuh. Model Pembelajaran yang dipilih oleh peneliti Numbered Heads Together (NHT) dan Snowball Throwing. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara model pembelajaran NHT dan Snowball Throwing. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X pada SMAN 5 Banda Aceh dan sampel yang dipilih adalah kelas X MIA-1 sebagai kelas NHT dan X MIA-2 sebagai kelas Snowball Throwing. Kedua kelas diberikan pretes dan postes. Hasil nilai postes dari kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil postes kemudian diuji-t, dengan uji-t dua pihak diperoleh thitung < ttabel menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran NHT dan Snowball Throwing. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran NHT dan Snowball Throwing.
- Banda Aceh