KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CHALLENGE BASED LEARNING
Main Author: | HAYATUN NUFUS |
---|---|
Format: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=38545 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHayatun Nufus. 2017. Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Confidence siswa dalam Matematika Melalui Pendekatan Challenge Based LearningKurikulum saat ini menekankan guru untuk lebih mengembangkan kemampuan pada diri siswa supaya siswa dapat belajar bermakna dalam memahami matematika. Salah satu kemampuan tersebut adalah kemampuan berpikir kreatif. Namun kemampuan berpikir kreatif matematis siswa umumnya masih rendah. Disamping kemampuan berpikir kreatif matematis, terdapat pula faktor lain yang turut memberikan kontribusi terhadap keberhasilan siswa dalam memahami matematika, yaitu self confidence. Untuk itu diperlukan suatu pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self confidence siswa. Pembelajaran CBL adalah pendekatan dimana siswa tidak hanya dituntut untuk dapat menemukan solusi dalam permasalahan yang diberikan saja, tetapi siswa juga dituntut untuk percaya pada kemampuan dirinya sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif dan self confidence siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang yang dipilih dari 21 siswa kelas VII-Inti MTsN 2 Pidie Jaya. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan berpikir kreatif, angket self confidence dan pedoman wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa 5 dari 6 subjek memenuhi minimal tiga indikator Kemampuan berpikir kreatif. Secara keseluruhan self confidence siswa baik setelah diterapkannya pendekatan CBL. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pendekatan CBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan self confidence siswa.Kata kunci: Challenge Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif, Self Confidence.