PENGARUH CITRA MEREK DAN KEWAJARAN HARGATERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI PEMEDIASI PADA PENGGUNA PRODUK APPLE DI KOTA BANDA ACEH
Main Author: | Indah Bestari |
---|---|
Format: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34725 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kewajaran harga terhadap loyalitas merek dengan kepuasan pelanggan sebagai pemediasi pada pengguna produk Apple di Kota Banda Aceh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 170 responden yang pernah menggunakan iPhone minimal dua tahun dan mengetahui fitur-fitur iPhone. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Peralatan Analisis Data yang digunakan yaitu SEM (Structural Equation Modeling) berbasis varian yaitu Partial Least Square (PLS) dan menggunakan software SmartPLS 2.0. Pada penelitian ini diketahui kewajaran harga lebih dominan mempengaruhi loyalitas merek dengan nilai original sample sebesar 0,239998. Untuk meningkatkan kewajaran harga dengan memberikan harga yang adil bagi pelanggan, kebijakan harga adil dari produsen, kebijakan harga yang beretika dari produsen dan kebijakan harga yang dapat diterima dan cocok bagi pelanggan. Selanjutnya diketahui setelah kewajaran harga bahwa citra merek mempengaruhi loyalitas merek dengan nilai original sample sebesar 0118234. Untuk meningkatkan citra merek dengan memberikan merek yang terpercaya, merek yang menarik, merek yang menyenangkan, merek adalah simbol status sosial dan merek yang memiliki reputasi yang baik. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra merek dan kewajaran harga berpengaruh pada loyalitas merek. Selain itu, variabel citra merek tidak memiliki pengaruh pada loyalitas merek melalui variabel kepuasan pelanggan sebagai mediasi sedangkan variabel kewajaran harga berpengaruh pada loyalitas merek melalui variabel kepuasan pelanggan sebagai mediasi. Kata kunci: Citra Merek, Kewajaran Harga, Loyalitas Merek, Kepuasan Pelanggan.