PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GALLERY WALK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 TAKENGON
Main Author: | Maulida Yani |
---|---|
Format: | |
Terbitan: |
Fakultas KIP
, 2017
|
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33383 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKata Kunci : Penerapan, Model, Kooperatif, Gallery Walk, Hasil Belajar. Model pembelajaran kooperatif Gallery Walk merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat merangsang serta memperkuat daya ingat siswa dalam proses pembelajaran karena apa yang siswa pelajari dilihat dan dianalisis secara langsung, bukan hanya dilihat melalui gambar semata. Model Gallery Walk dapat meningkatakan aktivitas siswa dan dapat meminimalisir kelas yang jenuh atau bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan hasil belajar siswa kelas X-B SMAN 7 Takengon melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Gallery Walk; (2) Aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran mencerminkan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif Gallery Walk; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif Gallery Walk; dan (4) Respon siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas (classroom process research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-B SMAN 7 Takengon yang berjumlah 23 orang siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriftif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persentase ketuntasan secara individual meningkat dari 15 siswa yang tuntas pada siklus I, 19 siswa tuntas pada siklus II, dan 22 siswa tuntas pada siklus III, persentase ketuntasan klasikal pun meningkat dari 40% pada siklus I, 60% pada siklus II dan 90% pada siklus III; (2) Aktivitas guru dan siswa meningkat menjadi sesuai dengan persentase waktu ideal; (3) Keterampilan guru meningkat dari perolehan skor 2,4 pada siklus I dengan kategori sedang, skor 3,1 pada siklus II dengan kategori baik, dan 3,2 pada siklus III dengan kategori baik; (4) Pada umumnya atau sebanyak 94% siswa menyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Gallery Walk sangat menarik dan membantu siswa dalam memahami materi pelajaran.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, terdapat peningkatakan prestasi belajar siswa mulai dari siklus I sampai siklus III dengan menggunakan model kooperatif Gallery Walk di kelas X-B SMA Negeri 7 Takengon.
- Banda Aceh