HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF DALAM MEMBELI BARANG MELALUI ONLINE SHOP PADA MAHASISWA UNSYIAH

Main Author: Syaufatun Nisa
Format:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=32269
Daftar Isi:
  • ABSTRAKOnline shop merupakan bentuk pasar baru yang tidak memerlukan komunikasi tatap muka secara langsung melainkan dapat dilakukan secara terpisah dari dan keseluruh dunia. Dengan adanya Online shop berbelanja menjadi mudah, hal inimemicu munculnya perilaku konsumtif. Mahasiswa merupakan golongan yangberorientasikan berperilaku konsumtif. Salah satu faktor yang mempengaruhikonsumtif adalah kontrol diri. Kontrol diri merupakan variabel psikologis yangmencakup kemampuan individu untuk memodifikasi perilaku, mengelolainformasi yang tidak diinginkan, dan untuk memilih suatu tindakan berdasarkansesuatu yang diyakini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungankontrol diri dengan perilaku konsumtif dalam membeli barang melalui online shoppada mahasiswa Unsyiah. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Unsyiahsejumlah 344 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknikdispropotionate stratified random sampling. Pengumpulan data dalam penelitianini menggunakan Skala Kontrol Diri yang disusun oleh peneliti berdasarkan TeoriKontrol Diri yang dikemukakan oleh Averill (1973) dan Skala Perilaku Konsumtifyang disusun oleh peneliti berdasarkan Teori Perilaku Konsumtif yang dikemukanoleh Lina & Rasyid (dalam Petova, 2012). Hasil analisis data menggunakankorelasi Pearson menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikanantara kontrol diri dengan perilaku konsumtif dalam berbelanja online shop padamahasiswa Unsyiah. (r = -0,599, p = 0,000, p