PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI MATERI PRESTASI DIRI PADA KELAS IX SMP NEGERI 2 BAKONGAN ACEH SELATAN

Main Author: RUSMIATI
Format: Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=3208
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKata kunci: Metode diskusi, Prestasi belajar.Penggunaan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn melalui Materi Prestasi Diri pada Kelas IX SMP Negeri 2 Bakongan Kabupaten Aceh Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan yang menjadi kajian peneliti, yaitu 1) Untuk mengetahui Guru di SMP Negeri 2 Bakongan Kabupaten Aceh Selatan menggunakan metode diskusi pada materi prestasi diri dalam proses pembelajaran PKn. 2) Untuk mengetahui penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Bakongan Kabupaten Aceh Selatan dan 3) Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi siswa SMP Negeri 2 Bakongan Aceh Selatan dalam pembelajaran PKn. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan per siklus. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan metode diskusi pada pembelajaran PKn pokok materi prestasi diri di kelas IX SMP Negeri 2 Bakongan Kabupaten Aceh Selatan Tahun Ajaran 2012/2013 dilakukan dengan menerapkan materi, membentuk kelompok untuk mengkaji materi dan melakukan diskusi kelas, dan dalam diskusi kelas ini setiap peserta didik boleh mengomentari hasil kerja kelompok atau pasangan yang presentasi. 2) Peningkatan peningkatan prestsi belajar pada pembelajaran PKn pokok materi prestasi diri di kelas IX SMP Negeri 2 Bakongan Kabupaten Aceh Selatan Tahun Ajaran 2012/2013 setelah menggunakan metode diskusi dapat dilihat dari prestasi belajar peserta didik tiap siklus dimana pada pra siklus tingkat ketuntasan belajar siswa ada 11 siswa atau 36,67% naik pada siklus I menjadi 17 siswa atau 56,67% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 27 siswa atau 90%. Ini berarti metode diskusi yang digunakan berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa. 3) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan metode diskusi selama siklus I dan II mengalami peningkatan yang cukup baik. Ini berarti metode diskusi yang digunakan berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan
  • Banda Aceh