PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM

Main Author: Mardiana
Format: Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2938
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKata kunci : Model pembelajaran kooperatif, tipe Think-Pair-Share (TPS), Segi Empat.Hasil belajar khususnya masalah ketuntasan balajar sangat penting untuk diketahui guru. Hal ini berguna untuk melihat kemampuan siswa setelah menerima pelajaran yang disampaikan guru dan juga sebagai informasi kepada guru tentang kemajuan siswa dalam kegiatan belajar. Untuk mencapai ketuntasan belajar, berbagai upaya dilakukan guru antara lain, guru dapat berusaha dengan menerapkan model-model pembelajaran, salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Model ini termasuk model pembelajaran yang dapat dan mudah digunakan dan dilaksanakan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi segi empat di SMPN 1 Darussalam. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Darussalam sebanyak empat kelas. Sampel yang dipiih adalah kelas VII-4 sebanyak 21 orang siswa. Materi yang diajarkan adalah segi empat khususnya persegi panjang, persegi dan jajargenjang. Pendekatan yang dilakukan adalah eksperimen. Jenis penelitian ini adalah jenis kuantitatif. pengolahan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji-t satu pihak taraf signifikan
  • Banda Aceh