PENGEMBANGAN KREATIVITAS SENI ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DENGAN MEDIA KERTAS PADA KELOMPOK B 1 TK FKIP UNSYIAH BANDA ACEH
Main Author: | Nadya Rizky |
---|---|
Format: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=27545 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Rizky Nadya, 2016. Pengembangan Kreativitas Seni Anak Usia Dini MelaluiKegiatan Menganyam dengan Media Kertas Pada Kelompok B1 TK FKIPUnsyiah Banda Aceh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru PendidikanAnak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UniversitasSyiah Kuala. Pembimbing: (1). Dr. Israwati, M. Si., (2) Drs. Amsal Amri, M. Pd.Kata kunci: pengembangan, kreativitas, seni menganyam Kreativitas menganyam adalah kemampuan terampil anak dalam melakukanaktivitas praktek membuat motif anyaman dasar sederhana yang bertujuan untukmenghasilkan aneka benda atau barang pakai dan seni yang dilakukan dengan carasaling menyusunkan atau menumpang tindihkan bagian-bagian bahan anyamansecara bergantian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan menganyamdengan media kertas dapat mengembangkan kreativitas seni anak usia dini padakelompok B1 TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metodepenelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus terdapat 4tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian iniadalah anak pada Kelompok B1 TK FKIP Unsyiah Banda Aceh pada tahun pelajaran2016 berusia 5-6 tahun yang berjumlah 18 orang yang terdiri dari 7 anak perempuandan 11 anak laki-laki. Data dikumpulkan melalui observasi dan unjuk kerja. Analisisdata menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Pada tindakan prasiklus 8 orang anak(44.4%) yang belum berkembang, 6 orang anak (33.3%) yang mulai berkembang, 4orang anak (22.2%) yang berkembang sesuai harapan, sedangkan anak yangberkemampuan berkembang sangat baik belum terlihat pada prasiklus. Pada tindakansiklus I 3 orang anak (16.7%) yang belum berkembang, 8 orang anak (44.4%) yangmulai berkembang, 7 orang anak (38.9%) berkembang sesuai harapan, sedangkananak yang berkemampuan berkembang sangat baik belum ada. Pada tindakan siklusII tidak terlihat lagi anak yang belum mampu mengembangkan kreativitas seninya, 3orang anak (16.7%) yang mulai berkembang, 7 orang anak (38.9%) yangberkembang sesuai harapan, dan 8 orang anak berkembang sangat baik. Indikatorkeberhasilan penelitian ini adalah bila presentase anak mendapatkan bintang 3 dan 4sebanyak 80%. Pada tindakan siklus II menunjukkan bahwa presentase anakmendapatkan bintang 3 dan 4 mencapai angka lebih dari 80%. Disimpulkan bahwamelalui kegiatan menganyam dengan media kertas dapat mengembangkan kreativitasseni anak usia dini di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh.