PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN TRANSPARANSI TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN MUZAKKI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT DI BAITUL MAL KOTA BANDA ACEH

Main Author: KASMANIAR
Format:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26829
Daftar Isi:
  • PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN TRANSPARANSI TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN MUZAKKI DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT DI BAITUL MAL KOTA BANDA ACEHOleh: KasmaniarNim: 1309200070018Pembimbing:1. Dr. Muhammad Arfan, SE, M.Si, Ak. CA2. Dr. M. Shabri, SE, M.EcABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh: (1) kualitas pelayanan dan transparansi secara bersama terhadap tingkat kepercayaan muzakki (2) kualitas pelayanan terhadap tingkat kepercayaan muzakki; (3) transparansi terhadap tingkat kepercayaan muzakki; (4) kualitas pelayanan dan transparansi, dan tingkat kepercayaan muzakki secara bersama-sama terhadap motivasi muzakki dalam membayar zakat (5) kualitas pelayanan terhadap motivasi muzakki dalam membayar zakat; (6) transparansi terhadap motivasi muzakki dalam membayar zakat; (7) tingkat kepercayaan muzakki terhadap motivasi muzakki dalam membayar zakat; (8) kualitas pelayanan terhadap motivasi muzakki dalam membayar zakat yang di mediasi oleh tingkat kepercayaan muzakki; dan (9) transparansi terhadap motivasi muzakki dalam membayar zakat yang di mediasi oleh tingkat kepercayaan muzakki.Populasi dalam penelitian ini adalah 100 orang muzakki dalam Kota Banda Aceh berusia antara 20-75 tahun lebih dan yang terpilih berdasarkan stratified random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kualitas pelayanan dan transparansi secara bersama-sama berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan muzakki; (2) kualitas pelayanan dan transparansi berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan muzakki, baik secara bersama-sama maupun parsial; (3) kualitas pelayanan, transparansi, dan tingkat kepercayaan muzakki berpengaruh terhadap motivasi muzakki dalam membayar zakat, baik secara bersama-sama maupun parsial; (4) kualitas pelayanan, transparansi, dan tingkat kepercayaan muzakki secara bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi muzakki dalam membayar zakat; (5) kualitas pelayanan berpengaruh terhadap motivasi muzakki dalam membayar zakat(6) transparansi berpengaruh terhadap motivasi muzakki dalam membayar zakat; (7) tingkat kepercayaan muzakki berpengaruh terhadap motivasi muzakki dalam membayar zakat; (8) tingkat kepercayaan muzakki memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap motivasi muzakki dalam membayar zakat; dan (9) tingkat kepercayaan muzakki memediasi pengaruh transparansi terhadap motivasi muzakki dalam membayar zakat.Kata Kunci: Kualitas pelayanan, transparansi, tingkat kepercayaan muzakki, dan motivasi muzakki dalam membayar zakat.