PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUIPENDEKATAN METAKOGNITIF
Main Author: | Ainuna Fasha |
---|---|
Format: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=26824 |
Daftar Isi:
- Ainuna Fasha (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan BerpikirKritis Matematis Siswa melalui Pendekatan MetakognitifKemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis merupakan duaaspek berpikir kompleks yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika.Oleh karena itu perlu adanya pendekatan pembelajaran yang tepat guna meningkatkankemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis siswa. Salah satupendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan ini adalah pendekatan keterampilanmetakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan peningkatankemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis antara siswa yangmendapatkan pembelajaran dengan pendekatan keterampilan metakognitif dan siswayang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan studieksperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Populasipenelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 3 Banda Aceh dengan mengambilsampel dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui teknik purposivesampling dari enam kelas yang tersedia. Pengumpulan data dilakukan denganmenggunakan instrumen tes yaitu tes kemampuan pemecahan masalah dan tes berpikirkritis matematis siswa. Untuk melihat adanya perbedaan kemampuan siswa antarakelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitiansecara keseluruhan penggunaan pendekatan keterampilan metakognitif dapatmeningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikirkritis siswa, serta terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan peringkatsiswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.Kata Kunci: Pendekatan metakognitif, Pemecahan masalah, Berpikir kritis