PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA SISTEM GERAK PADA MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW DI SMP NEGERI 1 SAMADUA ACEH SELATAN
Main Author: | ZULFIKRI. M |
---|---|
Format: | Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2561 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKata Kunci: Hasil Pembelajaran, Tipe Jigsaw, Sistem Gerak pada Manusia.Penelitian ini berjudul Peningkatan Hasil Pembelajaran Biologi pada Sistem Gerak pada Manusia Melalui Model Pembelajaran Tipe Jigsaw di SMP Negeri 1 Samadua Aceh Selatan. Pengumpulan data dilakukan tanggal 3 sampai dengan tanggal 10 Desember 2012. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran biologi pada sistem gerak pada manusia dengan penerapan model pembelajaran tipe jigsaw. Subjek penelitian siswa kelas VIII-4 berjumlah 20 orang siswa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus pertama ke siklus kedua, yaitu pada siklus pertama ketuntasan sebanyak 60% meningkat menjadi 85% pada siklus kedua. Aktivitas guru pada siklus pertama dikategorikan cukup, aktivitas siswa pada siklus I dikategorikan cukup. Sedangkan aktivitas guru pada siklus II dikategorikan sangat baik, dan aktivitas siswa pada siklus II dikategorikan baik. Kesimpulannya bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan tipe jigsaw yaitu nilai rata-rata siklus I 69,10 ketuntasan klasikal sebanyak 60% dan nilai rata-rata siklus II 69,10 ketuntasan klasikal sebanyak 85%.
- Banda Aceh