Pembelajaran Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada Materi Koloid Di SMA Negeri 12 Banda Aceh
Main Author: | Afrida Hanum |
---|---|
Format: | |
Terbitan: |
Fakultas Pasca Sarjana
, 2013
|
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2480 |
Daftar Isi:
- PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE INTERGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA MATERI KOLOIDDI SMA NEGERI 12 BANDA ACEHAbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model CIRC dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi koloid. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain The Randomized Control-Group Pretest-Posttest. Penelitian dilaksanakan di kelas XI SMA Negeri 12 Banda Aceh tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel secara acak dengan pemberian tes awal pada seluruh siswa kelas XI. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes awal, tes akhir untuk keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar, lembar observasi, dan angket. Pengolahan data dilakukan dengan statistika uji t untuk pengujian kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian diperoleh rata-rata N-gain keterampilan berpikir kritis adalah 0,57 untuk kelompok eksperimen dan 0,25 untuk kelompok kontrol. Hasil belajar untuk kelompok eksperimen 0,54 dan kelompok kontrol 0,34. Hasil uji t untuk N-gain terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar diperoleh thitung
- Banda Aceh