PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS SYIAH KUALA PADA SMA NEGERI DI KOTA BANDA ACEH
Main Author: | Adhe Hani Pratiwi |
---|---|
Format: | |
Terbitan: |
Fakultas FKIP
, 2016
|
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=23558 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPratiwi, Adhe Hani. 2016. Persepsi Guru Pamong Terhadap Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Syiah Kuala Pada SMA Negeri di Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Ruaida, M.Si., (2) Alfi Syahril Fuadi Jaya, S.Pd, M.Si.Kata kunci: Persepsi Guru, Mahasiswa PPL, Kompetensi GuruPenelitian ini mengangkat masalah bagaimanakah persepsi guru pamong terhadap pelaksanaan PPL mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru pamong terhadap pelaksanaan praktik pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Syiah Kuala pada SMA Negeri di Kota Banda Aceh dari masing-masing kompetensi guru yaitu komptensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah seluruh guru pamong yang mendapatkan tugas membimbing mahasiswa/i PPL Program Studi Pendidikan Ekonomi pada tahun ajaran 2015/2016 semester ganjil pada SMA Negeri di Kota Banda Aceh yang berjumlah 17 orang. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi awal dan penyebaran angket/kuisioner. Data penelitian diolah dengan menggunakan rumus persentase (%) dan rata-rata ((X) ?). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Syiah Kuala pada kompetensi pedagogik dikategorikan standar dengan rata-rata sebesar 3,5, selanjutnya kemampuan pada kompetensi kepribadian dikategorikan baik dengan rata-rata sebesar 4,0, kemampuan pada kompetensi profesional dikategorikan standar dengan rata-rata sebesar 3,4 dan kemampuan pada kompetensi sosial dikategorikan baik dengan rata-rata sebesar 4,2. Disarankan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi agar dapat meningkatkan keprofesionalannya pada kompetensi pedagogik, khususnya dalam mengembangkan kurikulum/silabus dan dalam mengembangkan bakat minat peserta didik, selanjutnya pada kompetensi profesional, khususnya dalam memberikan penguatan sebagai bentuk umpan balik bagi peserta didik, mengadakan variasi dalam proses pembelajaran, dalam membuka dan menutup pelajaran, dalam membimbing diskusi kelompok kecil, dan dalam mengelola kelas.
- Banda Aceh