PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X MAN 1 KUTA BARO ACEH BESAR
Main Author: | novrizal |
---|---|
Format: | Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=2334 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKata kunci : model pembelajara, the power of two, hasil belajar, geografiModel pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two merupakan model belajar kekuatan berdua dalam kelompok kecil dengan menumbuhkan kerja sama secara maksimal melalui kegiatan pembelajaran oleh teman sendiri dengan anggota dua orang di dalamnya untuk mencapai kompentensi dasar. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two dapat meningkatkan hasil belajar siswa; (2) aktivitas guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two pada mata pelajaran Geografi; (3) keterampilan guru dalam mengelola proses pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two ; (4) respon siswa terhadap pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 MAN 1 Kuta Baro Aceh Besar yang berjumlah 17 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan angket respon siswa dalam kegiatan belajar mengajar melalui model pembelajaran tipe The Power of Two. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa (1) Persentase ketuntasan individual siswa dari 70 % pada siklus I meningkat menjadi 90 % pada siklus II, sedangkan ketuntasan klasikal meningkat dari 70,58 % pada siklus I menjadi 94,11% pada siklus II; (2) Aktivitas guru dan siswa mencerminkan pembelajaran The Power of Two, hal ini terlihat pada aktivitas guru dan siswa dalam membimbing semua pasangan untuk menulis jawaban dan membandingkan jawaban tersebut; (3) Keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaran kooperatatif tipe The Power of Two juga meningkat dari katagori baik menjadi sangat baik; (4) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two adalah baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-I MAN 1 Kuta Baro.
- Banda Aceh