PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT OPTIK KELAS VIII 5 DI SMP NEGRI 18 BANDA ACEH
Main Author: | Mayangku Serungke S.yoga |
---|---|
Format: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=22980 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKS.Yoga, Mayangku,Serungke.2016. Penerapan Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat Optik Kelas VIII 5 di SMP Negri 18 Banda Aceh. Skripsi, jurusan pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:(1) Drs. Elmi Mahzum,M. IT., (2) Drs. Tarmizi Hamid, M. PdKata kunci : model pembelajaran rotating trio exchange (RTE), hasil belajarPenelitian yang berjudul Penerapan Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat Optik Kelas VIII 5 Di SMP Negeri 18 Banda Aceh, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran RTE. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII 5 SMPN 18 Banda Aceh tahun ajaran 2016 yang berjumlah 30 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu soal pretest dan posttest, lembar aktivitas guru dan siswa,lembar kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan angket yang keempatnya dianalisis menggunakan uji persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa secara individual dengan persentase 56,64%,80% dan 96,67% dan hasil belajar klasikal juga meningkat dengan persentase 40%,60% dan 90 %, adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, kemudian terjadi peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dari kategori sedang menjadi sangat baik selain itu respon siswa cenderung positif dimana 100% siswa menyatakan senang terhadap penggunaan model pembelajaran RTE ini dalam pembelajaran. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran RTE dapat meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan aktivitas guru dan siswa dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada materi Alat Optik.