PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MADRASAH ALIYAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Main Author: Rahmat
Format:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=21442
Daftar Isi:
  • Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Madrasah Aliyah melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.Kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis merupakan tujuan pembelajaran matematika yang ditetapkan dalam kurikulum dan NCTM.Kemampuan pemahaman matematis merupakan suatu proses pengamatan kognisi yang tak langsung dalam menyerap pengertian dari konsep atau teori yang akan dipahami, sedangkan kemampuan komunikasi matematis diartikan sebagai kemampuan dalam menulis, membaca, menyimak, menelaah, menginterpretasikan,serta mengevaluasi ide, simbol, istilah, dan informasi matematika. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang relevan untuk mengoptimalkan, meningkatkan, dan menumbuhkembangkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa dengan penerapan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan siswa yang diajarkan secara konvensional, dan (2) interaksi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretestposttest Control Grup Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Peusangan Kabupaten Bireuen yang terdiri dari empat kelas. Sedangkan sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil secara Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian berupa tes kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis. Uji statistik yang digunakan untuk mengalisis data peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis adalah uji anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematissiswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dari siswa yang memperoleh pendekatan konvensional ditinjau dari keseluruhan dan subkelompok siswa (tinggi, sedang, rendah), kecuali untuk perbandingan kemampuan awal tinggi di kelas eksperimen dan kemampuan awal tinggi kelas kontrol, kemampuan awal sedang di kelas eksperimen dan kemampuan awal tinggi kelas kontrol, kemampuan awal rendah di kelas eksperimen dan kemampuan awal tinggi kelas kontrol. Terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuanpemahaman dan komunikasi matematis siswa.Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, kemampuan Pemahaman,kemampuan Komunikasi.