UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH
Main Author: | Irmayanti |
---|---|
Format: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=21394 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKata kunci: pembentukan karakter, kegiatan kepramukaan Penelitian ini membahas tentang: Upaya Pembentukan Karakter Siswa melalui Kegiatan Kepramukaan di SMP Negeri 9 Banda Aceh.Pramuka sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah sangat relevan dengan pendidikan karakter, terbukti dengan kesamaan nilai-nilai pendidikan karakter dengan nilai-nilai Dasa Dharma. Dalam upaya menanamkan dan membentuk karakter, pramuka menggunakan kode kehormatan. Kode kehormatan mempunyai makna suatu norma (aturan) yang menjadi ukuran kesadaran mengenai akhlak yang tersimpan dalam hati yang menyadari harga dirinya, serta menjadi standar tingkah laku pramuka dimasyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana upaya pembentukan karakter siswa melalui kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 9 Banda Aceh, (2) Bagaimana penanaman nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kegiatan kepramukaan terhadap siswa SMP Negeri 9 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikanupaya pembentukan karakter siswa melalui kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 9 Banda Aceh, (2) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kegiatan kepramukaan terhadap siswa SMP Negeri 9 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang pembina, satu orang pelatih dan enam orang siswa sebagai anggota pramuka di SMP Negeri 9 Banda Aceh. Teknik pengolahan data secara deskriptif kualitatif dan menganalisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan untuk membentuk karakter siswa dalam kegiatan kepramukaan adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan menarik dan menantang yang dapat mengembangkan kreatifitas siswa dan juga dapat mengembangkan berbagai keterampilan yang dimiliki siswa seperti kegiatan penjelajahan, pengembaraan, dan menentukan arah, sertamenganjurkan siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan masyarakat sekitar seperti mengadakan kegiatan bakti sosial.Adapun Penanaman nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kegiatan kepramukaan dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan pramuka seperti tali temali, Pertolongan Pertaman Gawat Darurat (PPGD), ketangkasan pionering, morse dan semaphore, membaca sandi pramuka, penjelajahan dengan tanda jejak, pengembaraan, baris berbaris, dan menentukan arah.Dengan demikian pembentukan karakter siswa dalam kegiatan kepramukaan harus dilakukan dengan kegiatan yang menarik dan dapat dilakukan oleh siswa secara sukarela sehingga setiap kegiatan yang dilakukan akan membentuk karakter siswa itu sendiri. Karakter siswa nantinya juga bisa dikembangkan dan diterapkan dalam kehidupannya secara bermasyarakat.