PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI SMA NEGERI 9 TAKENGON
Main Author: | HADI SURAHMAN |
---|---|
Format: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=21189 |
Daftar Isi:
- Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan suatu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk menemukan materi yang dipelajarinya dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata. Rumusan masalah: (1) Apakah penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 9 Takengon? (2) Bagaimana keterampilan guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan model CTL? (3) Bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran yang mencerminkan keterlaksanaan pembelajaran model CTL? (4) Bagaimana respon siswa terhadap penggunaan model CTL dalam pembelajaran? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran CTL, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran, serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model CTL dalam pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 9 Takengon. Sampel yang dipilih adalah siswa kelas XI-I yang berjumlah 32 orang. Materi yang diajarkan adalah lingkungan hidup dan pelestariannya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat bahwa (1) ketuntasan klasikal siklus I 56,25 % dan siklus II 90,63 % sehingga dapat dinyatakan bahwa penerapan model CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa (2) Keterampilan guru dapat dikategorikan sedang dengan perolehan skor 2,58 pada siklus I dan baik dengan skor 3,20 pada siklus II. (3) Kesesuaian aktivitas guru dan siswa pada siklus I tidak sesuai dengan RPP adalah 55,55% sedangkan pada siklus II hanya 11,11% dan 88,88% telah sesuai dengan RPP. (4) Respon siswa terhadap pembelajaran CTL sebanyak 85,95% adalah menarik dan 81,3% siswa menilai bahwa pembelajaran CTL menyenangkan.