PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH
Main Author: | Sri Wahyuni |
---|---|
Format: | |
Terbitan: |
Fakultas FKIP
, 2016
|
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=19673 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKata Kunci: Model Problem Based Learning, Eksperimen, Hasil belajar, Kelarutan dan hasil kali kelarutan.Telah dilakukan penelitian yang berjudul penerepan model Problem Based Learning (PBL) berbasis eksperimen pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI SMA Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas, dan tanggapan siswa dengan penerapan model PBL berbasis eksperimen pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, penelitian ini berfokus pada hasil belajar siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model PBL berbasis eksperimen pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIA 2 yang berjumlah 31 orang, terdiri 12 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Hasil belajar siswa dinilai dari 3 ranah yaitu: pengetahuan, keterampilan dan sikap diperoleh persentase 81,18%. Aktivitas siswa dengan menggunakan model PBL berbasis eksperimen pada pertemuan pertama 84,09%, pertemuan kedua 85,42%, pertemuan ketiga 85,42% dan pada pertemuan keempat 85,42%. Respon siswa terhadap model PBL berbasis eksperimen pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan diperoleh 84,56%. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berbasis eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI SMA Negeri 2 Banda Aceh.
- Banda Aceh