HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TENAGA KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (RSUDZA) BANDA ACEH

Main Author: Cut Zahara
Format:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=19043
Daftar Isi:
  • Kualitas komunikasi interpersonal yang baik dan efektif adalah faktor utama kepuasan pasien. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUDZA Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional.Subjek penelitian terdiri dari 100pasien di ruang rawat inap RSUDZA Banda Aceh yang diperoleh dengan teknik probability sampling dengan cara pemilihan responden dilakukan dengan teknik randomsampling terhitung dari 28 Oktober sampai dengan 5 November 2015. Penilaian hubungan komunikasi interpersonal tenaga kesehatan dengan kepuasan pasien menggunakan kuisioner yang sudah diuji validitasnya. Analisa data menggunakan uji statistik Spearman (Confident Interval 95%;? = 0,05 ) didapatkan p = 0,000 ( p