KOMPETENSI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PADA SMA NEGERI I KUALA BATEE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA
Main Author: | AFRIADI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Prog. Pascasarjana
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=18929 |
Daftar Isi:
- KOMPETENSI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAMMENINGKATKAN PROFESIONALISME GURUPADA SMA NEGERI 1 KUALA BATEEKABUPATEN ACEH BARAT DAYAOleh : AfriadiNIM : 1309200050024Komisi Pembimbing :1. Dr. Nasir Usman, M. Pd.2. Dr. Niswanto, M. Pd.ABSTRAKKompetensi supervisi kepala sekolah merupakan salah satu faktor yangmempengaruhi peningkatan profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan: (1) kompetensi kepala sekolah dalam menyusun program supervisiakademik untuk meningkatkan profesionalisme guru, (2) kompetensi kepala sekolahdalam mengimplementasikan program supervisi akademik untuk meningkatkanprofesionalisme guru, dan (3) kompetensi kepala sekolah dalam menindaklanjutihasil supervisi akademik untuk meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian inimenggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulandata yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjekpenelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan pengawas sekolah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepala SMA Negeri I Kuala BateeKabupaten Aceh Barat Daya telah menunjukkan kompetensi supervisi yang baik,khususnya dalam menyusun program supervisi akademik terhadap guru. Hal inidapat dilihat dari program supervisi yang telah disusun dengan menetapkan tujuan,sasaran, dan prosedur pelaksanaan supervisi, namun masih kurang kerja sama denganpengawas sekolah. (2) Kepala SMA Negeri I Kuala Batee Kabupaten Aceh BaratDaya telah menunjukkan kompetensi supervisi yang baik, khususnya dalammengimplementasikan program supervisi akademik. Hal ini dapat dilihat daripenerapan model, pendekatan, dan teknik supervisi yang dijalankan, namun dalampenerapan teknik observasi belum dilengkapi dengan pedoman observasidan (3) Kompetensi supervisi kepala SMA Negeri I Kuala Batee Kabupaten AcehBarat Daya khususnya dalam menindaklanjuti hasil supervisi masih kurang. Hal inidapat dilihat dari tindak lanjut hasil supervisi dilakukan dengan mengevaluasi danmemberikan umpan balik melalui pembicaraan individual dengan guru yangdisupervisi, namun kepala sekolah tidak menyusun rencana aksi supervisi berikutnya.Kata Kunci: Kompetensi Supervisi, Kepala Sekolah, dan Profesionalisme Guru
- Banda Aceh