PERAWATAN INJECTION PUMP PADA MOBIL TOYOTA FORTUNER DIESEL 2KD-FTV
Main Author: | alfiannur |
---|---|
Format: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=18151 |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi yang semakin cepat mendorong manusia untuk selalu mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam dunia otomotif khususnya, setiap kendaraan memerlukan perawatan agar keadaan mesin tetap dalam kondisi normal. Bila suatu mobil tidak dilakukan perawatan dan pemeliharaan yang tepat, maka dapat dipastikan mobil tersebut akan mengalami kerusakan dan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu komponen mobil yaitu injection pump, memegang peran penting dalam mesin otomotif yang mana injection pump berfungsi untuk menyuplai bahan bakar pada mobil diesel. Injection pump terdiri dari Regulator, Pompa pencatu, Rotor pembagi, Plunyer, Poros gerak, dan Katup tekanan. Objek yang diteliti adalah Perawatan Injection Pump Pada Mobil Toyota Fortuner Diesel 2KD-FTV. Kesalahan putaran idling, putaran mesin terlalu tinggi dan tidak kembali idle, output mesin menurun, output mesin berkurang dengan gas buang berwarna putih, output mesin rendah dengan gas buang warna hitam dan konsumsi bahan bakar boros merupakan permasalahan yag sering timbul pada pompa injeksi. Untuk menjaga tidak terjadi ganguan tersebut maka diperlukan perawatan secara teratur. Frekuensi perawatan tergantung pada jumlah jam operasi. Jika jam operasi lebih besar maka perawatan harus lebih sering dilakukan. Sekurang-kurangnya dua minggu sekali. Pemilihan bahan bakar yang bagus serta menjaga saringan bahan bakar tetab bersih juga merupakan perawatan yang sederhana dalam perawatan pompa injeksi (injection pump) agar selalu dalam keadaan siap.Kata kunci : Sistem Perawatan, Mobil Toyota Fortuner Diesel 2KD-FTV, Injection Pump