PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP BERPIKIR KRITIS, HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA SMAN 1 SAKTI KABUPATEN PIDIE PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA
Main Author: | CUT NISNA JUWITA |
---|---|
Format: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=17739 |
Daftar Isi:
- Cut Nisna: Penerapan Pembelajaran Kooperatif Student Teams AchievementDivisions (STAD) Berbasis Multimedia Terhadap Berpikir Kritis, Hasil Belajardan Motivasi Siswa SMAN 1 Sakti Kabupaten Pidie Pada Materi SistemPernapasan Manusia.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis,hasil belajar dan motivasi siswa melalui penerapan model pembelajarankooperatif STAD berbasis multimedia dan pembelajaran kooperatif STAD padamateri sistem pernapasan manusia di kelas XI-IPA SMAN 1 Sakti KabupatenPidie. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 22 April sampai 18 Mei 2013. Metodeyang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengandesain kontrol grup tes awal dan tes akhir. Populasi dalam penelitian ini adalahkeseluruhan siswa kelas XI yang berjumlah 176 siswa, sampelnya sebanyak 60siswa yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen 30 orang dan kelaskontrol 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untukmenilai keterampilan berpikir kritis berupa soal berbentuk uraian, untuk menilaihasil belajar berupa tes pilihan ganda dan untuk melihat motivasi siswa diberikanangket motivasi. Parameter penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis, hasilbelajar dan motivasi siswa. Analisis data dilakukan dengan uji t pada tarafsignifikan 0,05. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yangsignifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada keterampilan berpikirkritis, hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Kesimpulan menunjukkan bahwaterdapat perbedaan yang lebih baik padaketerampilan berpikir kritis, hasil belajardan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan kooperatif STAD berbasismultimedia daripada yang diajarkan hanya dengan kooperatif STAD.Kata kunci: STAD, Multimedia, Berpikir Kritis, Motivasi, Sistem pernapasanmanusia.