PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-8 SMP NEGERI 17 BANDA ACEH
Main Author: | NAZARIATUN NAJMI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=16900 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKata kunci : Penelitian Tindakan Kelas, model pembelajaran Quantum Teaching, hasil belajar, IPS TerpaduJenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas. Model pembelajaran Quantum Teaching merupakan suatu aktifitas perancangan pengajaran yang bertujuan menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik, menggairahkan serta memberi pengalaman belajar siswa sehingga lebih bermakna. Siswa dan guru bekerja sebagai pemain tim guna mencapai kesuksesan bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Peningkatan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII-8 SMP Negeri 17 Banda Aceh melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching, aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran mencerminkan keterlaksanaan model pembelajaran Quantum Teaching, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model pembelajaran Quantum Teaching dan respon siswa kelas VII-8 SMP Negeri 17 Banda Aceh setelah proses pembelajaran dengan menggunakan model Quantum Teaching. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-8 SMP Negeri 17 Banda Aceh yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan: Tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru mengelola pembelajaran dan angket respon siswa menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching. Analisis data menggunakan statistik sederhana yaitu persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan secara individual meningkat dari 75% menjadi 96% siswa yang tuntas belajar, persentase ketuntasan klasikal pun meningkat dari 60% menjadi 90%. Aktivitas guru dan siswa antara siklus I sampai siklus II telah mencerminkan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching meningkat dari perolehan skor rata-rata 2,71 dengan katagori baik menjadi 2,93 dengan katagori baik dan respon siswa terhadap model pembelajaran Quantum Teaching dapat dikatakan baik. 89,2 persen dari 28 siswa berpendapat bahwa dengan belajar melalui model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi aktivitas penduduk Indonesia yang telah dipelajari.
- Banda Aceh