PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS VII MTsN RUKOH BANDA ACEH
Main Author: | M. Yunus |
---|---|
Format: | Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=1649 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Kata kunci: model think talk write, hasil belajar, geografi. Think Talk Write adalah suatu model pembelajaran yang pada dasarnyadibangun melalui berpikir, berbicara dan menulis. Penelitian menerapkan modelpembelajaran Think Talk Write ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan hasilbelajar siswa yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran Think TalkWrite; (2) Aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran Think TalkWrite; (3) Kemampuan guru dalam mengelola model pembelajaran Think Talk Write;dan (4) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Think Talk Write. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 MTsN Rukoh Banda Aceh yangberjumlah 32 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasilbelajar siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran ThinkTalk Write, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaranThink Talk Write, dan angket respon siswa terhadap penerapan model pembelajaranThink Talk Write. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa (1) Hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaranThink Talk Write mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada persentaseketuntasan klasikal siswa, persentase ketuntasan klasikal siswa secara keseluruhansiklus I adalah 84,37 persen dengan nilai rata-rata pre-test 44,7 dan nilai post-test77,8 meningkat pada siklus II menjadi 96,87 persen dengan nilai rata-rata pre-test54,4 dan nilai post-test 88,8.; (2) Aktivitas guru dan siswa pada saat pembelajaranjuga mengalami peningkatan dan sudah mencerminkan model pembelajaran ThinkTalk Write; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan modelpembelajaran Think Talk Write semakin terampil dengan skor rata-rata pada siklus Iyaitu 2,42 dalam kategori sedang kemudian meningkat pada siklus II yaitu 3,02dikategorikan baik; dan (4) Respon siswa terhadap pembelajaran ini dikatakan baikdimana sebanyak 81 persen siswa mengatakan bahwa cara guru menerangkanpelajaran baru, 84 persen siswa mengatakan menarik, 93 persen siswa mengatakankomponen pembelajaran baik, 97 persen siswa mengatakan berminat untukmengikuti kegiatan belajar mengajar berikutnya, dan sebanyak 88 persen siswamengatakan dengan menggunakan model pembelajan ini dapat memperjelas pemahaman terhadap materi yang dipelajari.
- Banda Aceh