PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN RNKONVENSIONAL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR

Main Author: SRI RATNA DEWI
Format: Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=15515
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKatakunci:Perbandingan, hasil belajar, examples non examples, konvensional berbantuan media gambar, IPS Terpadu.Model pembelajaran examples non examples adalah model pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. Penggunaan media gambar membuat kegiatan pembelajaran lebih menarik. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran examples non examples lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan konvensional berbantuan media gambar dalam mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran examples non examples dengan konvensional berbantuan media gambar dalam mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran examples non examples lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan konvensional berbantuan media gambar dalam mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII-1 yang berjumlah 15 siswa, dan kelas VIII-2 yang berjumlah 15 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui tes. Teknik pengolahan data menggunakan statistik parametrik yaitu uji-t. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 3,39, dan ttabel = 1,70. Artinya, thitung ? ttabel atau 3,39 ?1,70, maka H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran examples non examples lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional berbantuan media gambar dapat diterima.
  • Banda Aceh