PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTEDRNINDIVIDHUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPSRNTERPADU SISWA KELAS VIII MTSN TUNGKOB ACEH BESAR

Main Author: YUHILDA FUJI HASTUTI
Format: Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=14604
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKata kunci: pembelajaran, TAI, hasil belajar, IPS TerpaduModel pembelajaran TAI merupakan suatu model pembelajaran yangmembentuk kelompok kecil secara heterogen dengan latar belakang cara berpikiryang berbeda untuk saling membantu terhadap siswa lain yang membutuhkanbantuan. Setiap anggota kelompok diterapkan bimbingan antar teman yaitu siswayang pandai bertanggung jawab terhadap siswa yang lemah. Penelitian menerapkanmodel pembelajaran TAI ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan modelpembelajaran TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa; (2) Aktivitas guru dansiswa dalam pembelajaran mencerminkan keterlaksanaan model pembelajaran TAI;(3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran melalui penerapan modelpembelajaran TAI; (4) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran TAI.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 MTsN Tungkob yangberjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasilbelajar (evaluasi) siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembarpengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan angket responsiswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa (1) Persentase hasil belajar siswa dengan menggunakan modelpembelajaran TAI meningkat secara individual dan klasikal. Hal ini dapat dilihat dariketuntasan individual meningkat dari 78%, 89%, hingga siklus terakir 92% danpersentase ketuntasan klasikal pun meningkat dari 50%, 70%, hingga 90%. (2)Persentase aktivitas guru dan siswa meningkat, aktivitas guru yang dominan munculadalah membimbing siswa berdiskusi dengan persentase 20% dan aktivitas siswayang dominan muncul adalah berdiskusi dan mengoreksi hasil belajar teman dalamkelompok sebesar 20%. (3) Keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaranTAI meningkat dari kategori sedang (2,56), kategori baik (2,99), dan kategori sangatbaik (3,75). (4) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran TAI padamateri pranata sosial dalam kehidupan masyarakat dapat dikatakan baik, siswaberpendapat bahwa dengan belajar melalui model pembelajaran TAI dapatmeningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.
  • Banda Aceh