PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA MATERI UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN DI SMK NEGERI 3 BANDA ACEH

Main Author: Isna Maulisa
Format: Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=14054
Daftar Isi:
  • Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas siswa, sikap siswa, keterampilan siswa, dan tanggapan siswa melalui penerapan model pembelajaran CIRC pada materi unsur, senyawa, dan campuran di SMK Negeri 3 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu kelas X Busana1 yang jumlah siswa sebanyak 30 orang, subjek ini berdasarkan hasil rekomendasi dari guru bidang studi kimia. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui post test, observasi aktivitas, sikap, keterampilan dan angket. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus persentase. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 22 November 2014 pertemuan pertama dan 29 November 2014 pertemuan kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada pertemuan pertama 73,33% dan pertemuan kedua menjadi 90,00%. Hasil observasi aktivitas siswa pada pertemuan pertama 72,00% dan pertemuan kedua menjadi 95,00%. Hasil observasi sikap pada pertemuan pertama 73,75% dan pertemuan kedua menjadi 94,75%. Hasil observasi keterampilan pada pertemuan pertama 62,73% dan pertemuan kedua menjadi 75,00%. Hasil tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran CIRC pada materi unsur, senyawa, dan campuran yang memberikan positif 98,34%, sedangkan siswa yang memberikan tanggapan negatif 1,66%. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran CIRC pada materi unsur, senyawa, dan campuran dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, sikap sosial, dan keterampilan siswa dalam belajar.
  • Banda Aceh