KESULITAN SISWA PADA MATERI INTEGRAL KELAS XII SMARNNEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: Satriadi
Format: Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2014
Subjects:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=13843
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKata Kunci: kesulitan siswa pada materi integralMateri integral merupakan salah satu materi yang tergolong sulit dipahami oleh siswa. Kesulitan tersebut meliputi kesulitan prinsip,konsep dan verbal. Oleh karenanya perlu adanya suatu analisis terhadap kesulitan tersebut, sehingga diketahui penyebab kesulitannya. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam memahami materi integral; (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa sulit dalam memahami materi integral. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA5SMAN 8 Banda Aceh yang berjumlah 30 siswa. Data penelitian diperoleh dari hasil tes dan wawancara. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian survei deskriptif yaitu menggambarkan apa adanya tentang suatu variabel, gejala atau keadaan yang diteliti dan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa mengalami kesulitan menggunakan konsep 34,68%; (2) kesulitan menggunakan prinsip 18,36%; (3) kesulitan menggunakan verbal 23,46%. Penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan tes adalah: (a) siswa menggalami kesulitan menggunakan rumus integral dan kesulitan dalam menjumlahkan dan mengurangkan pecahan karena siswa belum mampu menguasahi konsep operasi bilangan; (b) siswa mengalami kesulitan menyelesaikan integral substitusi dan varsial karena siswa kurang paham materi penunjang yaitu materi turunan; (c) siswa mengalami kesulitan menentukan integral tentu dengan integral substitusi dalam menyelesaikan soal karena siswa belum mampu menguasahi konsep integral tentu; (d) siswa mengalami kesulitan dalam menggambar garis atau kurva yang disebabkan karena siswa belum mampu menguasai konsep menggambar kurva atau garis dan siswa tidak tahu apa yang harus dicari.
  • Banda Aceh