PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORRAY TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA MTsN KUTA BARO KAB. ACEH BESAR

Main Author: mulyana
Format: Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=1368
Daftar Isi:
  • penelitian ini berjudul pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horray terhadap prestasi belajar IPS siswa MTsN Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horray dan model pembelajaran konvensional di MTsN Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah Kelas VIII1 sebanyak 20 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebanyak 20 orang siswa sebagai kelas kontrol, yang berjumlah 40 orang siswa. Untuk memperoleh data yang diperlukan, peneliti menggunakan penelitian lapangan, dan kuesioner selanjutnya diolah dengan menggunakan rumus korelasi produck moment. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horray memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar siswa, dengan nilai r = 0,942 dan menurut tabel interpretasi nilai r yang diperoleh tinggi. Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horray dan model pembelajaran konvensional di MTsN Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar sangat signifikan.Kata kunci: pengaruh, tipecourse review horray, prestasi belajar siswa.
  • Banda Aceh