UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 RANTO PEUREULAK
Main Author: | Safaruddin |
---|---|
Format: | Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=10890 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKegiatan pembelajaran di dalam kelas mempunyai peranan yang penting bagi keberhasilan peserta didik. Hanya melalui kegiatan pembelajaran yang efektif hasil belajar peserta didik akan dapat dicapai. Namun, hasil pembelajaran di kelas pada saat ini menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Oleh karena itu, penulis ingin melakukan penelitian yang berjudul Upaya meningkatkan hasil belajar dengan Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Lingkaran Kelas VIII di SMP Negeri 4 Ranto Peureulak Tahun Ajaran 2012/2013. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lingkaran kelas VIII di SMP Negeri 4 Ranto Peureulak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk untik mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi lingkaran kelas VIII di SMP Negeri 4 Ranto Peureulak. Subjek penelitian ini adalah siswa di Kelas VIII SMP Negeri 4 Ranto Peureulak yang berjumlah 39 orang. Dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas ini, peneliti melakukan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai dengan pengamatan setelah itu melakukan refleksi untuk mengetahui hasil yang didapat agar dapat diambil tindakan selanjutnya hingga penelitian ini dinyatakan tuntas dan meningkat. Hasil Belajar yang dimaksud dalam penelitian ini dikatakan tuntas apabila hasil tes yang diberikan setelah proses belajar mengajar mencapai KKM yang telah di tetapkan yaitu 65. Sebagai pendukung data hasil belajar siswa, penelitian ini juga mengambil data kemampuan guru mengajar dan aktivitas siswa. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yang menggunakan rumus persentase sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Lingkaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas VIII SMP Negeri 4 Ranto Peureulak Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata kunci : Pendekatan Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, CTL, materi Lingkaran
- Banda Aceh