ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN APOTEK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN DAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH

Main Author: Keumalasari
Format: Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Kedokteran , 2012
Subjects:
Online Access: http://etd.usk.ac.id//index.php?p=show_detail&id=108253
Daftar Isi:
  • Pelayanan apotek merupakan bagian dari pelayanan yang mencerminkan kualitas sebuah rumah sakit, Meningkatnya pasien di sejumlah rumah sakit umum daerah mengbaruskan pemerintah untuk selalu mengevaluasi setiap pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adaIah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan apotek di Rumah Sakit Umum Daerah Dr.Zainoel Abidin (RSUDZA) dan Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa (RSUD Meuraxa) Banda Aceh dan hubungannya dengan jenis kelamin, umur, pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan berdasarkan dimensi kepuasan, yaitu ketanggapan, kehandalan, kepastian, empati, dan berwujud. Jenis penelitian ini adalah survei analitik menggunakan rancangan cross sectional dengan sampel sebanyak 90 pasien rawat jalan di apotek RSUDZA dan RSUD Meuraxa Banda Aceh. Data di analisis secara univariat, Chi-Square dan dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney untuk menilai tingkat kepuasan di kedua apotek rumah sakit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi tingkat puas di RSUDZA 31,1 % dan di RSUD Meuraxa 66,7%. Tingkat kesesuaian antara harapan dan kepuasan di RSUDZA 97,2% dan di RSUD Meuraxa 99,4%. Uji Chi-Square antara karakteristik responden Genis kelamin, umur, pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan) terhadap tingkat kepuasan pelayanan apotek di kedua rumah sakit menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna. Uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara tingkat kepuasan pelayanan apotek di kedua rumah sakit, Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang bermakna antara tingkat kepuasan pelayanan di kedua apotek dengan tingkat kepuasan lebih tinggi di RSUD Meuraxa. Tingkat kesesuaian relatif sama di kedua apotek rumah sakit, Terdapat hubungan yang bermakna antara karakteristik pasien terhadap tingkat kepuasan pelayanan apotek rumah sakit,Kata kunci : Tingkat kepuasan, pasien rawat jalan, pelayanan apotek