PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI LAJU REAKSI DI KELAS XI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Main Author: | BILKISTI RESA S. |
---|---|
Format: | Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=10817 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKata Kunci : lembar kerja siswa, kontekstual, laju reaksiTelah dilakukan penelitian tentang Pengembangan Bahan Ajar Lembar KerjaSiswa Berbasis Kontekstual pada Materi Laju Reaksi di Kelas XI SMA Negeri 4Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengembangkan bahan ajar lembar kerja siswa berbasis kontekstual pada materi lajureaksi yang layak dan dapat digunakan oleh guru sebagai bahan ajar. Sampelpenelitian ini yaitu 4 orang guru kimia dan 20 orang siswa kelas XI di SMA Negeri 4Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengembangan(Research and Development/R&D), dengan menggunakan model pengembangan 4-D(four D model) melalui 3 tahap yaitu tahap pendefinisian (define); tahap perancangan(design); dan tahap pengembangan (develop). Lembar kerja siswa berbasiskontekstual dikembangkan dengan cara mengaitkan materi laju reaksi dengankehidupan sehari-hari, contoh-contoh gambar dalam LKS merupakan fenomena yangterjadi dalam kehidupan nyata, kegiatan dalam LKS juga menggunakan bahan yangmudah dijumpai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja siswa berbasiskontekstual dapat digunakan sebagai bahan ajar di kelas. Menurut tanggapan gurudan siswa terhadap LKS berbasis kontekstual yang dikembangkan, dapatmempermudah guru mengajarkan materi laju reaksi dan mempermudah siswamemahami materi yang dipelajari. Persentase tanggapan positif guru dan siswamasing-masing sebesar 95% dan 96,25%. Hal ini menunjukkan lembar kerja siswaberbasis kontekstual pada materi laju reaksi ini dapat digunakan dalam pembelajaran.
- Banda Aceh