PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTSN KUTA BARO ACEH BESAR

Main Author: Nita
Format: Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2014
Subjects:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=10738
Daftar Isi:
  • Kata kunci: Metode, aktif artikulasi, hasil belajar, IPS terpadu.Metode pembelajaran aktif artikulasi salah satu metode yang melibatkan semua peserta didik dari awal sampai akhir dalam sebuah permainan. Dalam permainan tersebut peserta didik ditantang untuk mencari jawaban yang benar kemudian guru mengajar denag menggunakan jawaban yang ditemukan oleh peserta didik. Rumusan masalah adalah (1) Apakah penerapan metode pembelajaran aktif artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII-4 MTsN Kuta Baro; (2) Apakah aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran mencerminkan keterlaksanaan penerapan metode pembelajaran aktif artikulasi; (3) Bagaimana keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran yang diajarkan dengan menerapkan metode pembelajaran aktif artikulasi; (4) Bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran yang diajarkan dengan menerapkan metode pembelajaran aktif artikulasi; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar IPS terpadu kelas VIII MTsN Kuta Baro Aceh besar yang diajarkan dengan menerapkan metode pembelajaran aktif artikulasi; (2) Aktifitas guru dan jawaban dalam pembelajaran aktif artikulasi; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran yang diajarkan dengan menerapkan metode pembelajaran aktif artikulasi; (4) Respon siswa terhadap pembelajaran yang diajarkan dengan menerapkan metode pembelajaran aktif artikulasi Teknik analisis data (1) Analisis tes hasil belajar siswa; (2) Analisis data aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran; (3) Analisis data keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 MTsN Kuta Baro Aceh Besar yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan dngan menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktifitas guru dn siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan angket respon siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Ketuntasan secara individual dan klasikal meningkat dari 58,33 menjadi 88,88; (2) Aktifitas guru yang dominan adalah saat guru menyuruh salah satu kelompok untik membaca pertanyaan dan satu anggota kelompok maju kedepan untuk mencari jawaban dalam kantong didepan papan tulis dan siswa lain mengarahkan temannya untuk mendapatkan jawaban yang benar; (3) Keterampilan guru dalam menerapakan metode pembelajaran aktif artikulasi meningkat sedang menjadi baik; dan (4) respon siswa menunjukkan bahwa cara guru menyampaikan materi menggunakan cara yang baru, sehingga siswa memahami materi pelajaran yang baru diikuti, kemudian siswa menjawab materi yang dipelajari menarik, soal evaluasi yang digunakan baik, siswa kelas menyenangkan, penampilan guru menarik, serta siswa berminat mengikuti pembelajaran dengan pembelajran aktif artikulasi.
  • Banda Aceh