PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN DI MTSN KUTA BARO, KABUPATEN ACEH BESAR

Main Author: Muhammad Yassir
Format: Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Magister Pendidikan Biologi , 2014
Subjects:
Online Access: http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=10367
ctrlnum slims-10367
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN DI MTSN KUTA BARO, KABUPATEN ACEH BESAR</title><creator>Muhammad Yassir</creator><subject>STUDYOF METHODS</subject><publisher>Fakultas Magister Pendidikan Biologi</publisher><date>2014</date><language>ind</language><type>Thesis:Bachelors</type><identifier>http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&amp;id=10367</identifier><description>ABSTRAKMuhammad Yassir: Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan di Kelas VII MTsN Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Tesis dibawah bimbingan Dr. M. Ali, S. M. Si Pembimbing I. Dr. Cut Nurmaliah, M.Pd Pembimbing IITujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan terhadap penerapan model kooperatif tipe jigsaw; (2) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan terhadap penerapan model kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini dilakukan di MTsN Kuta Baro, Aceh Besar. Metode penelitian adalah metode eksperimental semu. Pengumpulan data awal dengan pretes, data kemampuan akhir siswa dengan postes, dan data aktifitas belajar siswa diukur dengan lembar observasi aktifitas siswa. Teknik analisis data hasil belajar kognitif dilakukan dengan pengujian N gain dan aktifitas belajar siswa dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kognitif pada penerapan model kooperatif tipe jigsaw dengan kategori rendah 30%, sedang 70 % dan pembelajaran konvensional dengan kategori rendah 57%, sedang 42%. Aktivitas belajar pada penerapan model kooperatif tipe jigsaw dengan rata-rata 85, 81 sedangkan pada kelas konvensional rata-rata 78,15. Kesimpulan penelitian menunjukkan: (1) Hasil belajar siswa pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan dengan model kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan hasil yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional; (2) Skor rata-rata aktivitas belajar siswa dengan model kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan skor pembelajaran konvensional. Kata kunci: Kooperatif tipe Jigsaw, Hasil Belajar Kognitif, Aktifitas Belajar Siswa, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan</description><description>Banda Aceh</description><recordID>slims-10367</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Bachelors
Thesis
author Muhammad Yassir
title PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN DI MTSN KUTA BARO, KABUPATEN ACEH BESAR
publisher Fakultas Magister Pendidikan Biologi
publishDate 2014
topic STUDYOF METHODS
url http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=10367
contents ABSTRAKMuhammad Yassir: Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan di Kelas VII MTsN Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Tesis dibawah bimbingan Dr. M. Ali, S. M. Si Pembimbing I. Dr. Cut Nurmaliah, M.Pd Pembimbing IITujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan terhadap penerapan model kooperatif tipe jigsaw; (2) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan terhadap penerapan model kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini dilakukan di MTsN Kuta Baro, Aceh Besar. Metode penelitian adalah metode eksperimental semu. Pengumpulan data awal dengan pretes, data kemampuan akhir siswa dengan postes, dan data aktifitas belajar siswa diukur dengan lembar observasi aktifitas siswa. Teknik analisis data hasil belajar kognitif dilakukan dengan pengujian N gain dan aktifitas belajar siswa dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kognitif pada penerapan model kooperatif tipe jigsaw dengan kategori rendah 30%, sedang 70 % dan pembelajaran konvensional dengan kategori rendah 57%, sedang 42%. Aktivitas belajar pada penerapan model kooperatif tipe jigsaw dengan rata-rata 85, 81 sedangkan pada kelas konvensional rata-rata 78,15. Kesimpulan penelitian menunjukkan: (1) Hasil belajar siswa pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan dengan model kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan hasil yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional; (2) Skor rata-rata aktivitas belajar siswa dengan model kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan skor pembelajaran konvensional. Kata kunci: Kooperatif tipe Jigsaw, Hasil Belajar Kognitif, Aktifitas Belajar Siswa, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan
Banda Aceh
id IOS3139.slims-10367
institution Universitas Syiah Kuala
institution_id 21
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Syiah Kuala
library_id 603
collection ETD - Unsyiah
repository_id 3139
subject_area Karya Umum
city KOTA BANDA ACEH
province ACEH
repoId IOS3139
first_indexed 2016-09-15T18:48:43Z
last_indexed 2016-09-24T07:10:27Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1766068524364595200
score 17.538404