IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. LAFARGE CEMENT INDONESIA
Main Author: | Sinta Mentari |
---|---|
Format: | Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Syiah Kuala
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.unsyiah.ac.id//index.php?p=show_detail&id=10046 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPenelitian ini berjudul Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Lafarge Cement Indonesia. CSR adalah bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat sekitar perusahaan atas dampak yang ditimbulkan selama perusahaan melakukan aktivitas perusahaan guna membina hubungan baik dengan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep serta proses implementasi program CSR yang telah diterapkan pada masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dianalisis secara deksriptif melalui observasi dan wawancara mendalam dengan teknik purposive sampling serta dilengkapi dengan studi kepustakaan dan hasil dokumentasi perusahaan berupa company profile, foto, surat perjanjian, dan dokumen penting lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program CSR PT. Lafarge Cement Indonesia sudah mulai berjalan dengan baik, meskipun belum terealisasikan secara maksimal dikarenakan belum ada penanganan secara khusus untuk program tersebut secara kontinuitas. Konsep program yang telah dijalankan mengutamakan konsep pemberdayaan masyarakat yang terdiri dari empat bidang utama antara lain bidang Pendidikan, Pengembangan Ekonomi, Kesehatan, dan Sosial Keagamaan. Konsep program CSR tersebut lebih difokuskan pada bidang pendidikan dan pengembangan ekonomi karena dapat digunakan dalam jangka waktu panjang sehingga menghasilkan masyarakat yang produktif dalam memanfaatkan hasil dari implementasi program CSR dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lhoknga. Ada beberapa faktor yang menghambat jalinan komunikasi di antara perusahaan dan masyarakat Lhoknga karena kurangnya pemahaman dan pengetahuan yang disampaikan melalui Badan Komite Lhoknga-Lhong terhadap perencanaan program perusahaan yakni dengan menyeimbangkan kebutuhan masyarakat dan konsep yang telah disusun oleh perusahaan. Kata Kunci : Implementasi, Program CSR, PT. Lafarge Cement IndonesiaIMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. LAFARGE CEMENT INDONESIAOleh:SINTA MENTARI1010102010114ILMU KOMUNIKASIABSTRAKPenelitian ini berjudul Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Lafarge Cement Indonesia. CSR adalah bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat sekitar perusahaan atas dampak yang ditimbulkan selama perusahaan melakukan aktivitas perusahaan guna membina hubungan baik dengan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep serta proses implementasi program CSR yang telah diterapkan pada masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dianalisis secara deksriptif melalui observasi dan wawancara mendalam dengan teknik purposive sampling serta dilengkapi dengan studi kepustakaan dan hasil dokumentasi perusahaan berupa company profile, foto, surat perjanjian, dan dokumen penting lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program CSR PT. Lafarge Cement Indonesia sudah mulai berjalan dengan baik, meskipun belum terealisasikan secara maksimal dikarenakan belum ada penanganan secara khusus untuk program tersebut secara kontinuitas. Konsep program yang telah dijalankan mengutamakan konsep pemberdayaan masyarakat yang terdiri dari empat bidang utama antara lain bidang Pendidikan, Pengembangan Ekonomi, Kesehatan, dan Sosial Keagamaan. Konsep program CSR tersebut lebih difokuskan pada bidang pendidikan dan pengembangan ekonomi karena dapat digunakan dalam jangka waktu panjang sehingga menghasilkan masyarakat yang produktif dalam memanfaatkan hasil dari implementasi program CSR dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lhoknga. Ada beberapa faktor yang menghambat jalinan komunikasi di antara perusahaan dan masyarakat Lhoknga karena kurangnya pemahaman dan pengetahuan yang disampaikan melalui Badan Komite Lhoknga-Lhong terhadap perencanaan program perusahaan yakni dengan menyeimbangkan kebutuhan masyarakat dan konsep yang telah disusun oleh perusahaan. Kata Kunci : Implementasi, Program CSR, PT. Lafarge Cement Indonesia
- Banda Aceh