PENGARUH EKUITAS MERK AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) “AQUA” TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT SATRIA WICAKSANA SEJATI MARGOMULYO SURABAYA
Main Author: | NOVITA, NOVITA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/968/ |
Daftar Isi:
- Merk memiliki peran yang sangat penting bagi kelangsungan hidup sebuah perusahaan karena merk memberikan nilai, sehingga nilai produk yang bermerk baik menjadi lebih tinggi dibandingkan produk yang semata-mata dinilai secara obyektif. Untuk menghadapi persaingan di pasar. Sangat penting bagi perusahaan mengembangkan keunggulan kompetitif berkelanjutan yaitu dengan menempatkan merk nya menjadi merk yang selalu dipilih konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi serta bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ekuitas merk terhadap loyalitas pelanggan pengguna Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merk AQUA pada PT. Satria Wicaksana Sejati Margomulyo Surabaya. Berdasarkan informasi dari Top Brand index kategori Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) tahun 2012, 2013, 2014, 2015, dan 2016 Air Minu Dalam Kemasan (AMDK) Merk AQUA merupakan merk air paling diminatyi oleh konsumen sehingga mendapatkan posisi teratas Top Brand Index hal ini menunjukkan loyalitas merk Brand Loyalty Air mineral merk AQUA di Indonesia menunjukkan tingkat lyalitas tertinggi pada tingkat penjualan Air Mineral Dalam Kemasan. Teknik analisis yang di gunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan satu predictor X= Ekuitas Merk ,dan variabel Y= Loyalitas Pelanggan. Dari hasil perhitungan regresi, diketahui nilai koefisien determinasi (adjusted R) diperoleh sebesar 0,166. Hal ini berarti minat beli konsumen dapat dipengaruhi oleh Ekuitas Merk hanya sebesar 16,6 % dan sisanya sebesar 83,4% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sebab penelitian ini menguji seberapa besar pengaruh ekuitas merk terhadap loyalitas pelanggan PT. Satria Wicaksana Sejati Margomulyo Surabaya Kata kunci: Merk, Ekuitas Merk, AQUA, Loyalitas Pelanggan.