MANAJEMEN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN BERBASIS KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN DARUL ‘ULUM PETERONGAN JOMBANG

Main Author: Khoiri, Moh Fikru
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/96/1/BAB%20I.pdf
http://eprints.unipdu.ac.id/96/
Daftar Isi:
  • Madrasah Aliyah sebagai salah satu pendidikan Islam dituntut untuk berbenah diri dengan memperbaiki manajemen pendidikan untuk disesuaikan dengan laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebih melalui manajemen pengembangan pembelajaran agar tujuan pendidikan dapat tercapai supaya madrasah tidak ketinggalan zaman. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan mengkaji manajemen pengembangan pembelajaran ekstrakurikuler keagamaan berbasis kecakapan hidup (Life Skills) yang merupakan sub sistem pendidikan Madrasah Aliyah Unggulan Darul ‘Ulum. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mendiskripsikan kegiatan, pengembangan pembelajaran, dan manajemen pengembangan pembelajaran ekstrakurikuler keagamaan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pola penelitian yang sesuai dengan mekanisme analisis masalah yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif diskriftif dan bersifat naturalistik. Kesimpulannya adalah manajemen pengembangan pembelajaran ekstrakurikuler keagamaan Madrasah Aliyah Unggulan Darul ‘Ulum mengikuti pola manajemen yang membagi dalam beberapa tahapan yaitu memberikan angket dan memberikan arahan yang berbentuk pilihan kepada siswa-siswi terkaiat ekstrakurikuler keagamaan. Kata Kunci: Manajemen, Pengembangan Pembelajaran, Ekstrakurikuler Keagamaan, Kecakapan Hidup (Life Skill)