DINAMIKA PERKEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT BANJARANYAR PACIRAN LAMONGAN

Main Author: Putro, Mochamad Wahyudi Eko
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/95/1/BAB%20I.pdf
http://eprints.unipdu.ac.id/95/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dinamika perkembangan sistem pendidikan Islam di pondok pesantren Sunan Drajat Banjaranyar Paciran Lamongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif. penelitiannya menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, analisis data dan metode pengumpulan data lainnya yang menyajikan respon-respon dan prilaku subyek. Sistem Pendidikan Islam pondok pesantren Sunan Drajat merupakan salah satu pondok pesantren modern, karena pondok pesantren ini dalam sistem pendidikannya telah mengembangkan sistem lembaga formal baik madrasah (sekolah) yang mana sistem pembelajarannya sudah dilakukan secara klasikal, berjenjang, berkesinambungan serta terprogram. Adapun faktor penghambat yang ada di pondok pesantren Sunan Drajat adalah faktor dukungan pemerintah terhadap perkembangan pondok pesantren, yang di anggap pondok pesantren adalah sarang teroris. Jadi dalam perkembanganya pemerintah jarang atau tidak memberikan fasilitas kepada pondok pesantren Sunan Drajat terutama dalam bidang pendidikannya. Terlebih kemudahan dalam perizinan untuk mengembangkan indutri-industri di dalam pesantren. Adapun Faktor pendukung meliputi sarana yang memadai. Kata Kunci: Sistem Pendidikan Islam, Faktor Penghambat, Faktor Pendukung.