PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNARUNGU KELAS X-XI SEKOLAH LUAR BIASA DARUL ULUM MURONG JOGOROTO JOMBANG

Main Author: Latief, Luluk Fauziah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/876/
Daftar Isi:
  • Abstrak Setiap manusia memiliki hak yang sama baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun dalam memperoleh pendidikan, khususnya anak tunarungu di SLB Darul Ulum Murong Jogoroto mereka berhak mendapatkan pendidikan yang layak seperti anak-anak pada umumnya. Penelitian ini bertujuan, penerapan metode pembelajaran agama islam pada siswa tunarungu kelas X-XI di SLB Darul Ulum Murong Jogoroto Jombang, efektivitas metode pembelajaran agama islam pada siswa tunarungu, faktor pendukung dan penghambat metode pembelajaran agama islam pada siswa tunarungu. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, metode yang digunakan dalam pembelajaran agama islam yaitu metode ceramah, metode drill, metode artikulasi, metode demonstrasi. Untuk metode yang diterapkan sudah sangat efektif itu dibuktikan dengan adanya perkembangan positif pada anak. Kurangnya media pembelajaran dan kurangnya tenaga pengajar merupakan faktor penghambat. Sedangkan faktor pendukungnya peran guru dan orang tua, antusias siswa, materi yang disederhanakan, kegiatan keagamaan di luar kelas. Kata Kunci: Metode pembelajaran, agama islam, siswa tunarungu