KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 14 TAHUN 2005 PERSPEKTIF KITAB ADA<B AL-‘A<LIM WA AL-MUTA’ALLIM KARYA KH. HASYIM ASY’ARI

Main Author: Iqbal Firdaus, Mohammad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/875/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan kompetensi kepribadian guru dalam UU nomor 14 tahun 2005 yang kemudian akan ditinjau melalui perspektif kitab Ada<b al-‘A<lim wa al-Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan sudut pandang tentang kompetensi kepribadian perspektif KH Hasyim Asy’ari. Untuk dapat menguraikan topik penelitian tersebut maka peneliti menggunakan desain penelitian library research, di mana peneliti akan mengkaji data primer kitab Ada<b al-‘A<lim wa al-Muta’allim dengan didukung sumber data lain yang relevan dengan menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi. Dan untuk menganalisis data tersebut digunakan metode content a nalysis dengan pendekatan kritis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, kompetensi kepribadian yang dipaparkan oleh KH Hasyim Asy’ari memiliki persamaan dan perbedaan dengan yang ada di dalam UU nomor 14 tahun 2005. Di mana letak kesamaanya pada upaya pembentukan kepribadian guru yang mantap, berakhlak mulia, arif, dan berwibawa serta menjadi teladan peserta didik. Dan perbedaannya dalam kitab tersebut cenderung bernuansa tasawuf dan religius. Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Kitab Ada<b al-‘A<lim wa al-Muta’allim, KH Hasyim Asy‟ari.