IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PELANGI MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM OPERASI HITUNG CAMPURAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH KARANGPAKIS KEDIRI
Main Author: | Sari, Ervin Febrian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/871/ |
Daftar Isi:
- Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran pelangi matematika dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menjawab soal operasi hitung campuran pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menjawab soal operasi hitung campuran pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran pelangi matematika kepada siswa kelas II di MI Islamiyah Karangpakis Purwoasri Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus, menggunakan rancangan Kemmis dan Mc Taggart. Teknik analisis data flow model . Alat pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar sebelum diadakanya penelitian nilai rata-rata 61,1, siklus I rata-rata 76,66, siklus II rata-rata 88,88 dan siklus III rata-rata 92,22. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pelangi matematika efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam menjawab soal operasi hitung campuran siswa kelas II pada mata pelajaran matematika di MI Islamiyah Karangpakis Purwoasri Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: Model Pelangi Matematika, Operasi Hitung Campuran, Matematika.